Wasit Premier League Tuai Banyak Komentar

Wasit Premier League Tuai Banyak Komentar
Wasit Premier League Tuai Banyak Komentar

Wasit Premier League Tuai Banyak Komentar

Ada kritik buat kinerja para wasit Premier League saat ini. Kritik itu dilontarkan Mark Halsey, yang juga pernah jadi wasit pada kompetisi tersebut.

Standar perwasitan Premier League belakangan jadi sorotan. Sejumlah kesalahan musim ini bahkan membuat bertambahnya keinginan agar teknologi video dipakai.

Pada pekan lalu saja ada keputusan-keputusan yang dipertanyakan dari wasit, terlebih keputusan tersebut sudah mempengaruhi hasil pertandingan.

Di pertandingan Arsenal lawan Burnley yang diwasiti Jon Moss, misalnya. Ia mengartu merah pemain Arsenal Granit Xhaka, dengan sejumlah pihak lalu mempertanyakan kelayakan hukuman itu.

Moss juga memberikan penalti di menit-menit akhir, yang membuat Alexis Sanchez mencetak gol kemenangan The Gunners. Keputusan tersebut turut dipertanyakan karena Laurent Koscielny sudah terjebak offside.

Ada pula wasit Andre Marriner yang memimpin pertandingan Manchester City lawan Tottenham Hotspur, yang berakhir dengan skor imbang 2-2.

Saat itu Marriner luput melihat pelanggaran terhadap Raheem Sterling di kotak terlarang, yang membuat City sebenarnya bisa dapat penalti dan berpeluang membuat keunggulan 3-1 pada titik itu.

“Sesuatu yang drastis harus dilakukan dengan standar perwasitan kami di level teratas,” kata Halsey dalam acara Kick Off yang dilansir talkSPORT.

“Kita semua membuat kesalahan, tapi skala kesalahan yang mereka lakukan saat ini terjadi setiap pekan. Sesuatu yang mendasar harus diubah dari para wasit elite kami.

“Akan tetapi, bukan cuma di level elite saja! Saya sudah melihat wasit-wasit Football League — saya ke Bury dan melihat wasit di sana, dan ke tim lain dan wasitnya — semua sama saja!” sebut wasit Premier League 1999–2013 itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *