Sikap Van Dijik Kedatangan Eks Pemain Ghana

Sikap Van Dijik Kedatangan Eks Pemain Ghana
Sikap Van Dijik Kedatangan Eks Pemain Ghana

Sikap Van Dijik Kedatangan Eks Pemain Ghana

Sergio van Dijk memilih untuk bersikap tenang merespons kedatangan Michael Essien ke Persib Bandung. Ia menyambut kehadiran mantan pemain Ghana itu dengan senang, tapi penuh kehati-hatian.

Ia mengingatkan, tak perlu memberikan beban berlebihan pada Essien yang baru saja menjalani proses pemulihan cedera. Apalagi di dua pekan awal, masih menurut van Dijk, Essien masih beradaptasi dengan kondisi sepak bola Indonesia.

Soal argumentasi bahwa kehadiran Essien bisa meningkatkan kualitas kompetisi sepak bola Indonesia, setidaknya untuk menyamai Thailand dan Australia, van Dijk pun memberikan catatan.

“Kualitas Liga Indonesia belum bagus seperti Thailand atau Australia. Tapi mungkin dengan kedatangan Essien, Indonesia jadi lebih serius. Pasti sekarang di seluruh dunia orang tahu Persib itu klub dari mana, dan Indonesia bagaimana,” kata van Dijk ketika berbincang dengan CNNIndonesia.com di sela-sela proses pemulihan cedera lutut kirinya.

“Mudah-mudahan ini tren yang positif. Tapi harus jadi konsisten juga. Kalau hanya satu kali, satu pemain, itu tidak mungkin bikin nama dan kualitas sepak bola Indonesia jadi lebih baik.”

“Mudah-mudahan ini langkah pertama sepak bola Indonesia untuk maju di peringkat dunia.”

Van Dijk, pesepakbola berdarah Indonesia-Belanda yang sudah menggengam status Warga Negara Indonesia, merasakan ada harapan sangat besar dari masyarakat pada sepak bola, termasuk di antaranya agar pemain-pemain Indonesia bisa bersaing di luar negeri.

Hanya saja, jika berkaca pada sepak bola Thailand dan Australia yang pernah dijajal van Dijk, bomber berkepala plontos itu menilai ada berbagai hal yang harus ditingkatkan jika ingin menyaingi kedua negara tersebut sebagai tujuan para pemain bintang.

“Akomodasi dan infrastruktur di Indonesia harus diperbaiki. Karena itu yang bisa menarik pemain-pemain yang profesional. Kamu lihat, Persib itu klub yang paling besar, klub yang manajemennya paling profesional, paling bagus juga, tidak ada masalah gaji. Itu semua aman untuk pemain besar bisa datang,” katanya.

“Klub-klub juga harus punya lapangan bagus. Semua faktor harus bagus agar pemain luar yang sudah biasa dengan profesionalisme di Eropa, mau masuk di Indonesia.”

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *