Rekor Casillas di Kompetisi Eropa

Rekor Casillas di Kompetisi Eropa
Rekor Casillas di Kompetisi Eropa

Rekor Casillas di Kompetisi Eropa

Iker Casillas tak mampu membawa timnya, FC Porto, melangkah ke babak perempat final Liga Champions. Kiper–yang saat bermain di Real Madrid dijuluki Santo Iker–tersebut harus merelakan Porto terhenti di babak 16 besar karena takluk dari Juventus dalam dua leg.

Meski begitu, nama Casillas tetap tercatat dalam sejarah Liga Champions. Pasalnya kiper yang kini berusia 35 tahun itu tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang sejarah kompetisi Eropa.

Ditambah penampilan saat melawan Juventus dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions malam tadi, Casillas kini telah bermain 175 kali di Liga Champions. Hal itu membuat Casillas melewati pencapaian terbanyak sebelumnya yang dipegang legenda AC Milan, Paolo Maldini.

Dikutip dari situs UEFA, segala kompetisi Eropa adalah untuk yang tampil di Liga/Piala Champions, Liga Europa/Piala UEFA, Piala Winner, Piala Super Eropa, dan Piala Intertoto.

Casillas pertama kali bermain di kompetisi Eropa saat ia berusia 16 tahun. Pada 18 tahun lalu, September 1999, Casillas memulai debutnya di kompetisi Eropa saat membela Real Madrid melawan Olympiacos di Grup E Liga Champions.

Selama 18 tahun berkarier, Casillas tak pernah absen di Liga Champions baik saat bersama Real Madrid dan kini bersama Porto.

Sementara itu, kasta kedua kompetisi Eropa, Liga Europa baru sekali ia rasakan yaitu pada musim lalu. Kala itu, Porto tersingkir dari fase grup Liga Champions sebagai peringkat tiga sehingga harus berkompetisi di babak 32 besar Liga Europa. Namun pada babak tersebut Porto kalah dua leg dari Borussia Dortmund.

Sepanjang kariernya, Casillas telah mengangkat trofi Liga Champions sebanyak tiga kali dari tiga final yang ia ikuti bersama Madrid. Casillas memenangkannya pada 2000, 2002, dan 2014.

Di luar rekor pencapaian penampilan terbanyak, sebelumnya Casillas pun memiliki rekor clean sheets terbanyak di Liga Champions yakni 54 kali. Selain itu, Casillas pun menjadi pemain yang paling banyak terlibat dalam kemenangan timnya yakni 94 kali.

Sayang, rekor clean sheet dan kemenangan itu tak bisa dilanjutkan Casillas lagi karena dua kali kalah dari Juventus pada babak 16 besar Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *