Perjalan Ranieri Dengan Leicester Sudah Selesai

Perjalan Ranieri Dengan Leicester Sudah Selesai
Perjalan Ranieri Dengan Leicester Sudah Selesai

Perjalan Ranieri Dengan Leicester Sudah Selesai

Sembilan bulan setelah mengantar Leicester City menjuarai Premier League, Claudio Ranieri dipecat. Bagaimana kinerjanya di Leicester?

Ranieri diberhentikan dari posisinya sebagai manajer Leicester pada hari Jumat (24/2/2017) dinihari WIB. Berakhir sudah petualangan The Tinkerman, si tukang utak-atik, bersama ‘Si Rubah’ pada angka 81 pertandingan dari Juli 2015 sampai Februari 2017.

Dari total 81 pertandingan di seluruh ajang tersebut, Ranieri mempersembahkan 36 kemenangan, 22 hasil seri, dan 23 kekalahan — sebuah persentase kemenangan sebesar 44,44%.

Terselip dalam statistik itu, tentu saja, adalah keberhasilan peracik taktik asal Italia berusia 65 tahun tersebut mengantar The Foxes menjuarai Premier League musim lalu yang juga menjungkalkan semua prediksi di awal musim.

Pemecatan Ranieri sendiri, terlepas dari perdebatan pro-kontra, terjadi setelah Leicester terpuruk dalam mengarungi Premier League musim ini. Dari 25 pertandingan, Riyad Mahrez cs baru punya 21 poin. Jumlah itu cuma terpaut satu angka dari zona merah yang juga berada tepat di bawah Leicester yang kini menempati posisi 17.

BBC mencatat, Leicester adalah juara bertahan dengan raihan poin paling sedikit usai 25 laga di bawah Ipswich (1963, 24 poin), Aston Villa (1982, 27 poin), Liverpool (1924, 28 poin), dan Sheffield United (1899, 29 poin).

Pencapaian Leicester setelah 25 partai Premier League musim ini jadi kian buruk ketika membandingkannya dengan periode yang sama musim lalu.

Saat menjuarai Premier League lalu, Leicester bahkan cuma kalah tiga kali sepanjang musim. Musim ini mereka telah tunduk 14 kali di ajang itu — nyaris tiga kali lipat!

Statistik berikut ini sekaligus merangkum perjalanan Ranieri bersama Leicester di Premier League:

Total 63 pertandingan: 28 menang, 18 seri, 17 kalah. 1 titel Premier League

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *