Kenal Lebih Jauh Dengan Sepak Bola Arab

Kenal Lebih Jauh Dengan Sepak Bola Arab

I

Kenal Lebih Jauh Dengan Sepak Bola Arab

Kenal Lebih Jauh Dengan Sepak Bola Arab

ndonesia akhirnya kedatangan lagi Raja Arab Saudi pada pekan ini, setelah 47 tahun. Total 1500 orang menjadi bagian dari delegasi Raja Arab saat ini takhta itu dipegang Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Untuk diketahui ada sekitar 10 kesepakatan kerja sama yang sudah final dan akan ditandatangani Raja Salman dengan Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ini. Sayang tak ada satu pun yang menyangkut kerja sama di bidang olahraga.

Bicara tentang olahraga, salah satu kejayaan Arab di tingkat internasional adalah dalam sepak bola.

Dalam lingkungan sepak bola internasional, Arab Saudi sempat disebut sebagai Brasil-nya Asia ketika kali pertama menembus putaran final Piala Dunia pada 1994.

Kala itu kesebelasan Arab yang diarsiteki Jorge Solari dari Argentina berhasil menembus babak 16 besar dalam kejuaraan yang digelar di Amerika Serikat.

Arab lolos sebagai runner-up grup F dengan dua kemenangan atas Belgia dan Maroko. Performa kesebelasan yang bertumpu pada penyerang Sami Al Jaber tersebut dinilai mampu menampilkan aksi-aksi individu ibarat goyang samba para pemain Brasil.

Setelah itu dalam kurun tiga gelaran Piala Dunia selanjutnya, Arab selalu lolos ke putaran final meski kerap terhenti di fase grup.

Dalam dua gelaran terakhir Arab tak pernah lagi tampil di putaran final Piala Dunia.

Bagaimana di tingkat Asia?

Arab adalah tim kedua tersukses meraih trofi Piala Asia yakni tiga kali. Tim terbanyak meraih supremasi tertinggi sepak bola antarnegara Asia adalah Jepang.

Namun trofi terakhir diperoleh pada 1996 silam kala digelar di Uni Emirat Arab. Berkaca dari hasil tersebut, di tingkat negara, Arab kesulitan berprestasi internasional lagi sejak berganti abad.

Timnas dengan julukan Al-Suqour atau Elang tersebut dua kali menembus final namun kalah dari Jepang (2000) dan Irak (2007).

Pada abad yang baru ini sepak bola Arab hanya bisa menyalak di tingkat internasional lewat klub.

 

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *