Donnarumma Berhasil Ungguli Seniornya di Juventus

Donnarumma Berhasil Ungguli Seniornya di Juventus
Donnarumma Berhasil Ungguli Seniornya di Juventus

Donnarumma Berhasil Ungguli Seniornya di Juventus

Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, berhasil mengukir rapor impresif dalam hal menggagalkan penalti. Bahkan, catatan pemain berusia 17 tahun itu telah mengungguli seniornya di Juventus, Gianluigi Buffon.

Terakhir, Donnarumma sukses menepis bola eksekusi Adem Ljajic saat AC Milan bermain imbang 2-2 dengan Torino pada partai lanjutan Serie A di Stadion Olimpico, Senin (16/1/2017) atau Selasa dini hari WIB.

Termasuk duel kontra Ljajic, Donnarumma sudah melakoni tiga penalti di liga musim 2016-2017. Dua di antaranya diblok oleh sang penjaga gawang dan satu eksekusi lainnya gagal karena melenceng.

Catatan tersebut telah melanjutkan tren positif Donnarumma perihal duel titik putih. Apabila diakumulasi, dia sudah melakoni tujuh duel titik putih di Serie A dan empat di antaranya gagal berbuah gol.

Dengan kata lain, rapor keberhasilan Donnarumma dalam hal penalti mencapai 57,1 persen.

Jumlah tersebut jauh lebih besar daripada rapor Buffon dalam tujuh duel penalti pertamanya di Serie A. Semua penalti itu dihadapi pemain berusia 38 tahun itu saat masih berseragam Parma.

Dari tujuh penalti, Buffon hanya mampu menggagalkan dua eksekusi dari Oliver Bierhoff dan Udinese. Tak ayal, dia “cuma” membukukan catatan keberhasilan 28,6 persen.

Buffon memang bukanlah penjaga gawang spesialis duel titik putih. Dia cuma mampu menghalau 29 dari 92 penalti yang dihadapinya pada berbagai ajang.

Dari 29 kesuksesan tersebut, hanya satu terjadi pada musim ini, yaitu saat Buffon menggagalkan penalti penyerang Olympique Lyon, Alexandre Lacazette, pada partai Liga Champions, 18 Oktober 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *