Alasan Atletico Nasional Raih Penghargaan FIFA Fair Play

Alasan Atletico Nasional Raih Penghargaan FIFA Fair Play
Alasan Atletico Nasional Raih Penghargaan FIFA Fair Play

Alasan Atletico Nasional Raih Penghargaan FIFA Fair Play

Atletico Nacional berhasil mendapat penghargaan FIFA Fair Play pada The Best FIFA Football Awards 2016 Gala di Zurich, Senin (9/1/2017) malam. Hal itu tak lepas dari sikap Atletico pada final Copa Sudamericana 2016.

Klub asal Kolombia itu harus bertanding pada dua laga final melawan Chapecoense. Namun, Chapecoense mengalami kecelakaan pesawat terbang dalam perjalanan menuju Kolombia dan kehilangan sebagian besar pemainnya, akhir November 2016.

Mengingat kondisi lawan, Atletico lantas meminta kepada Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) untuk memberikan gelar kepada Chapecoense. Klub asal Brasil itu pun didaulat menjadi juara Copa Sudamericana 2016.

Sikap terpuji Atletico itu mendapat pujian dari sejumlah kalangan, termasuk ketika dianugerahi “Conmebol Centenario Fair Play”. Puncaknya, FIFA memberi penghargaan kepada klub yang dibentuk pada 1947 itu.

“Kesedihan juga dirasakan kami atas musibah tersebut. Karena itulah, dewan direksi, pemilik, dan organisasi klub ini memutuskan untuk memberi gelar kepada Chapecoense,” katachairmanĀ klub, Juan Carlos de la Cuesta, dilansir dari situs resmi FIFA.

“Kami ingin memberi mereka secercah harapan dalam situasi tragedi seperti itu. Seluruh masyarakat Kolombia ikut merasakan kesedihan seperti halnya rakyat Brasil,” tuturnya lagi.

Menurut De La Cuesta, pihaknya masih memiliki hubungan baik dengan manajemen Chapecoense. Bersama juara Copa Libertadores, dua klub itu akan mengadakan turnamen khusus untuk solidaritas dan persaudaraan di sepak bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *